• (0275)321118

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER I TAHUN 2019 RSUD Dr. TJITROWARDOJO PURWOREJO

RESUME  SURVEY  KEPUASAAN  PELANGGAN

RSUD Dr. TJITROWARDOJO PURWOREJO

SEMESTER  I  TAHUN   2019

 

Sebagian dari tolok ukur kualitas peningkatan mutu pelayanan bagi pengguna jasa   RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo   adalah indeks kepuasaan pelanggan. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang d iperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasaan Masyarakat atau Tingkat Kepuasaan Pelanggan dan mengetahui Tingkat Kinerja Unit Pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan sesuai dengan standart pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo.

Tempat pengumpulan data dilakukan sesuai dengan ketentuan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan RSUD Dr. Tjitrowardojo  Purworejo yaitu :, Instalasi Radiologi, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi  Rawat Inap, Instalasi  Farmasi, Instalasi Patologi Klinik, Instalasi Rehabilitasi Medik, Unit  Persalinan (VK) dan Perinatologi,  serta Instalasi Gawat Darurat (IGD). Penelitian dilaksanakan Januari, Februari dan Maret  Tahun 2019 .

Populasi adalah pasien di RSUD Dr.Tjitrowardojo Purworejo, metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik pemilihan sampel probabilitas, yaitu dengan pemilihan sampel acak sederhana (Simple Random Sampling) yang memberikan kesempatan dan sifat tidak terbatas pada setiap populasi untuk dipilih sebagai sampel. Kriteria sampel, meliputi pengguna pelayanan, berusia diatas 17 tahun dan dibawah 70 tahun, dapat membaca dan menulis, dan bersedia menjadi responden. Sampel berjumlah 150 untuk setiap instalasi, sehingga hjumah total sampel 1200. 

Hasil survei yang dilakukan di 8 (delapan) unit kerja yang dijadikan tempat survei di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo dapat disimpulkan dalam kategori kinerja sangat baik dengan Rerata Nilai Indeks Kepuasaan 89.38875 atau Predikat Mutu A.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kulaitas pelayanan dan mengevaluasi lebih lanjut usur-unsur pelayanan yang mendapat nilai rendah sehingga dapat dilakukan tindak lanjut berikutnya.

bbabcfd2-612e-4bfe-8a61-529c53242fe6