Tugas Tim Koordinasi Pendidikan :

  1. Tim Koordinasi Pendidikan bertanggung jawab kepada Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Klas B Kabupaten Purworejo dan Pimpinan Institusi pendidikan terkait dalam pelaksanaan tugasnya.
  2. Bertanggungjawab terhadap kelancaran proses manajemen praktik klinik mahasiswa di Rumah Sakit.
  3. Bertanggungjawab terhadap monitoring dan evaluasi kegiatan praktik klinik mahasiswa di Rumah Sakit.
  4. Bertanggung jawab melaporkan hasil kerja secara berkala kepada Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Klas B Kabupaten Purworejo dan Pimpinan Institusi Pendidikan.
  5. Menetapkan Kebijakan-kebijakan tentang :
    • Penerimaan peserta didik;
    • Daya tampung peserta didik;
    • Sistem penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pelayanan;
    • Batasan kewenangan klinis prosedur medis peserta didik;
    • Penugasan staf medis dan atau non medis yang diusulkan sebagai tenaga pendidik.
  6. Mengatur secara teknis peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan.
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan profesi dokter di Rumah Sakit dr.Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo.
  8. Melaksanakan koordinasi administrasi dan sistem informasi pendidikan dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.
  9. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran pendidikan klinik secara rutin.
  10. Membuat pedoman pelaksanaan pendidikan klinik dan penelitian yang menjadi acuan staf medis, non-medis, dan peserta didik.
  11. Mengatur pertemuan dengan dokter pendidik klinik dalam rangka sosialisasi dan perencanaan rotasi klinik di RSUD dr.Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo.
  12. Memberikan Reward dan Punishment bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan (staf medis, non medis, dan peserta didik).
  13. Melakukan Rapat Koordinasi secara rutin setiap bulan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab terhadap proses manajemen pendididkan klinik berjalan dengan baik dan lancar.
  2. Bertanggungjawab terhadap monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan klinik yang berlangsung.
  3. Melakukan sosialisasi kebijakan, peraturan pelaksanaan, dan peraturan teknis lainnya.
  4. Timkordik bertanggung jawab kepada Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo atau Dekan FKIK UMY.
  5. Tercapainya kelancaran proses manajemen dan administrasi pendidikan.
  6. Terlaksananya peraturan yang berhubungan dengan kegiatan dan kelancaran program pendidikan klinik di RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo.
  7. Mengkoordinasikan perencanaan rotasi klinik di RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten.
  8. Melaporkan kinerja dan perilaku Peserta Program Pendidikan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Hak :

  1.  Mengatur penggunaan sarana dan prasarana tertentu sesuai kebutuhan, keadaan dan kemampuan RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo.
  2. Memonitor dan melakukan evaluasi kegiatan pendidikan profesi dokter.
  3. Mendapat honor, uang transport, uang kehadiran setiap rapat timkordik.

Wewenang Tim Koordinasi Pendidikan :

  1. Mengusulkan keanggotaan Timkordik kepada Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Klas B Kabupaten Purworejo, serta berkoordinasi dengan pihak institusi pendidikan dalam menunjuk wakilnya dalam bagian keanggotaan Timkordik.
  2. Mengusulkan nama Pembimbing klinik yang sesuai dengan ketentuan syarat, kualifikasi dan kompetensinya sebagai membimbing klinik mahasiswa.
  3. Membuat program kerja dan anggaran kebutuhan praktik klinik sehubungan dengan kesinambungan pelaksanaan bimbingan praktik klinik.
  4. Tim Koordinasi Pendidikan berwenang melaksanakan tugastugas Penyelenggaraan Pendidikan Klinik di RSUD dr.Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo.
  5. Mengatur, melaksanakan dan mengawasi peraturan, pedoman dan kebijakan yang telah ditentukan untuk dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Klinik dokter.
  6. Mengusulkan mengenai reward dan punishment bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan, sesuai peraturan yang berlaku.