Rumah Sakit adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan fungsi pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, dan pelayanan rujukan, serta dimanfaatkan untuk fungsi pendidikan, pelatihan, dan penelitian bidang kedokteran, kedokteran gigi dan kesehatan lain. Dalam menjalankan fungsi pendidikan bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan kesehatan lain tersebut, beberapa rumah sakit dipergunakan oleh Institusi Pendidikan sebagai tempat pendidikan untuk menghasilkan dokter, dokter gigi, dan tenaga kesehatan lainnya yang berkualitas.

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit menetapkan bahwa rumah sakit dapat ditetapkan menjadi Rumah Sakit Pendidikan setelah memenuhi persyaratan dan standar Rumah Sakit Pendidikan. Rumah Sakit Pendidikan merupakan rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan / atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi. Dalam melaksanakan fungsi ini, sebuah Rumah Sakit Pendidikan harus mampu menjalankan peran menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, pendidikan yang inovatif, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Rumah Sakit Pendidikan juga bertugas untuk melaksanakan pendidikan tenaga kesehatan yang berbasis pada pelayanan, membentuk karakter professional bagi tenaga kesehatan, mengembangkan kompetensi interprofesional, dan melaksanakan riset yang bersifat translasional.

RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo telah ditetapkan sebagai RS Pendidikan satelit untuk bagi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY). RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo menyelenggarakan kegiatan Pendidikan klinik dan penelitian  untuk jenjang program Pendidikan kedokteran umum (profesi) dan keperawatan (profesi)

Selain bekerja sama dengan FKIK UMY, RSUD dr Tjitrwardojo Purworejo juga dipakai oleh Instiusi Pendidikan lainnya seperti:

  1. Poltekkes Kemenkes Surakarta
  2. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  3. Stikes A Yani Yogyakarta
  4. Stikes Surya Global Yogyakarta
  5. Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (ATRO) Citra Bangsa Yogyakarta
  6. Poltekes Kemenkes Semarang
  7. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang
  8. Universitas Respati Yogyakarta
  9. Universitas gajahmada Yogyakarta dan RSUP dr Sarjito Yogyakarta
  10. Stikes Alma Ata Yogyakarta
  11. Fakultas Ilmu Kesehatan UNSIQ Wonosobo
  12. Poltekes Kemenkes Yogyakarta
  13. Akper Pemkab Purworejo
  14. Akademi Analis Kesehatan Manggala Yogyakarta
  15. SMK YPP Purworejo
  16. SMKN 3 Purworejo
  17. Universitas Muhammadiyah Gombong
  18. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
  19. Universitas Diponegoro
  20. Akademi Teknik Elektromedik Semarang Semarang