RSUD Dr. TJITROWARDOJO MENINGKATKAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN MENGADAKAN WHORKSHOP PENGELOLAAN BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) DI RUMAH SAKIT

Purworejo- Rabu (4/9) PPI RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo bekerjasama dengan Bidang Penunjang Medik dan Pendidikan mengadakan Whorkshop Pengelolaan Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3)di Rumah Sakit bertempat di Ruang Auditorium RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang karyawan/karyawati RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo dari Inst. Farmasi, Inst. Laboratorium, CSSD, Unit Bank Darah, Inst. Pemulasaraan Jenazah, Perawat Ruang, Subbag. RTP, IPSRS, Inst. Penyehatan Lingkungan, serta Cleaning Service.

“Rumah sakit sebagai sarana kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, pelayanan gawat darurat, pelayanan medik dan non medik. Dalam melakukan pelayanan tersebut terdapat Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dalam prosesnya.

Di Rumah Sakit, B3 dapat berupa bahan kimia, obat kanker (sitostatika), reagensia, antiseptik dan disinfektan, limbah infeksius, bahan radioaktif, insektisida, pestisida, pembersih, detergen, gas medis dan gas non medis sehingga dalam pengolahannya harus dilakukan dengan baik.

B3 tersebut dapat dibagi menjadi dua (2) jenis yaitu limbah cair dan limbah padat. Untuk limbah cair kita dapat mengelolanya sendiri dengan menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah sedangkan untuk limbah padat dalam pengolahannya RSUD bekerja sama dengan Pihak Ketiga.” demikian disampaikan oleh drg. Gustanul Arifin, M.Kes, Direktur RSUD        Dr. Tjitrowardojo Purworejo.

Beliau menambahkan pula bahwa dengan diadakannya Whorkshop ini diharapkan agar Peserta memahami Pengelolaan B3, serta mampu melakukan Identifikasi, Penyimpanan dan Penanganan Tumpahan dan Pelaporan Pajanan  B3 di RSUD Dr.Tjitrowardojo Purworejo.(N2)