SOSIALISASI ELEKTRONIK REKAM MEDIK (e – RM) UNTUK PEMBERI ASUHAN DAN ADMINISTRASI RSUD Dr. TJITROWARDOJO PURWOREJO

Purworejo, Selasa 27 Agustus 2019 dan Kamis 29 Agustus 2019 telah dilakukan Kegiatan Sosialisasi Elektronik Rekam Medik (e-RM) di Ruang Komite Medik RSUD Dr. Tjitrowardojo diikuti oleh Tenaga Medis, Keperawatan dan Administrasi Ruang serta Tenaga Kesehatan lainnya.    

Banyak rumah sakit telah menggunakan sistem tradisional dalam rekam medis dengan menggunakan kertas, yang memiliki beberapa masalah medical error. Sistem electronic medical record (EMR) atau catatan medis elektronik bisa memberikan solusi untuk masalah ini. Electronic Medical Record (EMR) adalah kumpulan sistematis informasi kesehatan pasien berbasis elektronik yang terhubung dan terintegrasi dengan sistem informasi dalam jejaring rumah sakit. Data tersebut meliputi data demografi, riwayat medis, pengobatan, hasil uji laboratorium dan radiologi, proses keperawatan, discharge planning dan bahkan informasi penagihan. Dengan EMR, data pasien dapat diakses langsung, pasien dapat dilacak dengan mudah dan memberikan perlindungan yang dapat membantu mencegah kesalahan medis.

Mengingat betapa pentingnya rekaman medis, maka diperlukan adanya kemajuan dalam hal itu. Pencatatan rekaman medik secara digital harus di ketahui cara system pencatatannya dan perlu dikembangkan demi untuk memajukan pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat menurunkan angka kejadian medical error.

Manfaat dari rekam medik elektronik/digital, yaitu :

  • Kemudahan penelusuran dan pengiriman informasi
  • Bisa dikaitkan dengan informasi lain yang berasal dari luar rekam medik
  • Penyimpanan lebih ringkas
  • Data dapat ditampilkan dengan cepat sesuai kebutuhan
  • Abstraksi, pelaporan lebih mudah bahkan otomatis
  • Kualitas data dan standar dapat dikendalikan
  • Dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak pendukung keputusan

Dalam rangka menurunkan medical error, RSUD Dr. Tjitrowardojo akan menerapkan Elektronik Rekam Medik (e-RM)  terutama yang akan diterapkan pertama kali adalah Resume Medis untuk pasien pulang per 1 September 2019.

Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo Bapak drg. Gustanul Arifin M.Kes dalam arahannya penerapan e-RM sebisa mungkin segera dilaksanakan. Kita sudah ketinggalan jauh dengan Rumah sakit lain, tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak menerapkan.

Stressing dari Bapak Direktur, kegiatan e-RM ini bagaimana melatih kita Para Pemberi Asuhan agar berdisiplin dalam pendokumentasian utamanya Elektronik Rekam Medik. (L1)