PENYULUHAN KESEHATAN MENGENAI GIZI SEIMBANG ANAK DI RSUD dr. TJITROWARDOJO

Pada hari Rabu (5/6) bertempat di Klinik Anak RSUD dr. Tjitrowardojo, Instalasi Gizi RSUD dr.Tjitrowardojo dan mahasiswa praktek Profesi Dietisien Gizi Kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta memberikan penyuluhan menganai Gizi Seimbang Anak kepada pasien dan pengunjung.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan terlebih dahulu tentang stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada balita akibat yang disebabkan oleh kurangnya akses makanan bergizi, terbatasnya praktek layanan kesehatan, kurangnya akses air bersih dan sanitasi serta praktek pengasuhan yang kurang baik.

Disampaikan pula rekomendasi Gizi seimbang untuk anak yaitu untuk makan 3x sehari bersama keluarga, perbanyak makanan kaya protein, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, minumlah air putih sesuai kebutuhan, batasi konsumsi makanan selingan yang terlalu manis-asin-berlemak, batasi konsumsi makanan cepat saji, serta bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik setiap hari. Untuk ASI diberikan secara eksklusif selama 6 bulan dan memberikan MP ASI mulai usia 6 bulan.