PENYULUHAN TENTANG GIZI DI RSUD dr. TJITROWARDOJO

Pada hari Selasa (4/6) bertempat di Klinik Rawat Jalan RSUD dr. Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo, Instalasi Gizi RSUD dr. Tjitrowardojo bekerjasama dengan Mahasiswa Profesi Dietisien Gizi Kesehatan Universitas Gajah Mada memberikan penyuluhan tentang gizi kepada pasiaen maupun penunggu pasien di Klinik Rawat Jalan.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan tentang Diet pada Diabetes Melitus. Bahwa untuk pasien Diabetes Melitus/ DM tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula sederhana, mengandung banyak lemak dan mengandung banyak natrium. Sedangkan makanan yang diajurkan antara lain karbohidrat, protein, lemak, sayuran dan buah.

Diabetes Melitus/ DM adalah kondisi menurunnya sekresi insulin serta sel di otot, lemak dan hati tidak dapat merespon insulin dengan baik dan tidak dapat dengan mudah mengambil glukosa ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme.

Cara mengatasi DM antara lain dengan cara memeriksakan kesehatan secara teratur, menjalani pengobatan secara intensif, meningkatkan aktivitas dan latihan fisik serta memperbaiki kualitas makanan.

Selain tentang Diet Diabetes Melitus disampaikan pula tentang Diet Penyakit Ginjal Kronis. Bahwa untuk pasien dengan Penyakit Ginjal Kronis harus membatasi untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung sumber kalium tinggi, mengandung sumber natrium tinggi dan memperhatikan jumlah cairan.

Disampaikan pula cara mengurangi kalium pada makanan yg hendak dikonsumsi oleh pasien dengan Penyakit Ginjal Kronis, yaitu dengan cara mencuci sayur atau buah yang sudah dikupas atau dipotong-potong, rendam bahan makanan dalam air hangat selama 2 jam, air rendaman dibuang dan cuci kembali dengan air mengalis selama beberapa menit, setelah itu sayuran siap dimasak.

Untuk makanan yang dianjurkan antara lain protein hewani, sayur dan buah yang rendah kalium (wortel, labu siam, buncis, pepaya, pir, anggur, dan strobery). Karbohidrat dapat mengkonsumsi nasi, bihun, jagung, mie, makaroni, tepung-tepungan.

Penyakit Ginjal Kronis adalah kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat berbagai faktor yang bisanya timbul secara perlahan dan sifatnya menahun. Penyebab Ginjal Kronis antara lain: memiliki tekanan darah tinggi/ penyakit hipertensi, memiliki penyakit Diabetes, memiliki penyakit yang erkaitan dengan hati, obesitas, memiliki kebisaan merokok, memiliki riwayat penyakit ginjal secara genetik, adanya infeksi saluran kemih, berusia di atas 60 tahun.

Pencegahan Ginjal Kronis dapat dilakukan dengan cara cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, kelola stres.

Pada acara tersebut diberikan kenang-kenangan kepada pasien atau pengunjung yang telah aktif dalam menjawab pertanyaan maupun bertanya .