RSUD dr. TJITROWARDOJO KELAS B KABUPATEN PURWOREJO MENGADAKAN INHOUSE TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS), BANTUAN HIDUP DASAR (BHD), PENCULIKAN BAYI (CODE PINK), PENCEGAHAN DAN PENGENDALAIN INFEKSI (PPI)

Pada hari Rabu (4/8) bertempat di Ruang Auditorium RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B diadakan Inhouse Training Komunikasi Efektif, K3RS, BHD, Code Pink dan PPI bagi petugas di RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini diikuti 120 orang petugas yang dibagi dalam 2 gelombang, yaitu gelombang I tanggal 4 Agustus dan gelombang II tanggal 8 Agustus.

Dalam sambutannya Direktur RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B Kabupaten Purworejo, dr. uswantoro, M.Kes menyampaikan bahwa Rumah Sakit adaah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat.

Potensi bahaya di Rumah Sakit selain penyakit-penyakit infeksi juga ada bahaya-bahaya lain yang mempengaruhi situasi dan kondisi di Rumah Sakit, yaitu keselamatan dan keamanan, paparan/kontaminasi bahan berbahaya dan beracun, kebakaran, bencana alam dan kedaruratan lainnya. Semua potensi bahaya tersebut diatas jelas mengancam jiwa dan kehidupan bagai karyawan, pasien, dan pengunjung yang ada di lingkungan Rumah Sakit. Oleh karena itu Inhouse Training ini dilaksanakan untuk menyegarkan kembali pemahaman karyawan Rumah Sakit dan dapat mengimplementasikan dalam pelayanan yang diberikan pada pasien dan manajemen resiko di RSUD dr. Tjitrowardojo Kelas B dapat berjalan dengan baik.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain:

  1. dr. Ika Endah Lestariningsih, Sp. KJ, M.Kes menyampaikan materi mengenai Komunikasi Efektif
  2. Rahmawanto, SST menyampaikan materi mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Penculikan Bayi (Code Pink)
  3. Pratomo Digdo Wicaksono, SST menyampaikan materi mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS)
  4. Sunarno, S.Kep. Ns menyampaikan materi mengenai Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)