PROMOSI KESEHATAN RSUD Dr. TJITROWARDOJO BEKERJASAMA DENGAN RADIO IRAMA FM

Pada hari Kamis (5/8) Ika Yuni Rahmawati, SST.Bid menyampaikan materi tentang Penanganan Persalinan di Era Covid-19 di RSUD Dr. Tjitrowardojo.

RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo menjadi RS PONEK di Kabupaten Purworejo berdasarkan SK Bupati Purworejo tahun 2015 untuk menjadi pusat rujukan kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal atau kegawatdaruratan ibu dan bayi. Jadi semua kasus kegawatdaruratan di Kabupaten Purworejo dari fasilitas kesehatan tingkat primer, puskesmas, bidan praktik mandiri dan RS lain bisa dirujuk ke RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo dan saat ini di era pandemi mungkin banyak yang takut karena RSUD Dr. Tjitrowardojo juga melayani pasien Covid-19.

Untuk ibu hamil/ibu bersalin yang akan melahirkan di RSUD Dr. Tjitrowardojo sebenarnya tidak perlu merasa khawatir karena di IGD telah dilaksanakan Triage/ Skrining untuk penandaan. Misalnya untuk ibu hamil dengan covid dan ibu hamil non covid.

Sejak awal pandemi, ibu hamil ada ANC tergadu skrining saat kehamilan. Ada deteksi dini terhadap penyakit sehingga dapat diketahui adanya komplikasi secara dini, nanti segera dikonsultasikan sehingga tidak ada komplikasi lebih lanjut. Untuk covid sendiri nanti ada pemeriksaan, di puskesmas nanti juga sudah diperiksa, tapi untuk swab antigen nanti 1 hari sebelumnya juga harus diperbaharui. Misal sudah pemeriksaan pada umur 7 bulan, kemudian positif dan sudah isoldsi mandiri selama 2 minggu. Kemudian saat akan persalinan juga tetap akan dilakukan cek ulang. Di IGD jika belum membawa surat keterangan dari Puskesmas nanti akan dilakukan Swab Antigen. Jika hasilnya positif covid -19 nanti akan dilakukan pertolongan persalinan di ruang isolasi tekanan – yang sudah terpisah. Untuk ibu hamil non covid akan melakukan persalinan di ruang bersalin.