RSUD Dr. TJITROWARDOJO MENERIMA TIM STUDI BANDING DARI RSUD PREMBUN

Pada hari Rabu (9/12) RSUD Dr, Tjitrowardojo Purworejo menerima Tim Studi Banding dari RSUD Prembun. Tim dari RSUD Prembun melakukan studi banding tentang Pelayanan Jiwa. Tim ini diterima oleh Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo diruang kerjanya.

Dalam paparannya Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo menyampaikan tentang pelayanan Jiwa yang ada di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Untuk Pelayanan Pasien Jiwa dapat dilaksanakan di Klinik Rawat Jalan (2 poliklinik) maupun Rawat Inap
(Ruang Edelweis)

Pelayanan di Poliklinik RSUD Dr. Tjitrowardojo dilaksanakan oleh 3 orang dokter Spesialis Jiwa. Pelayanan di Poliklinik ini dilaksanakan setiap hari kerja. Sedang untuk Pelayanan Pasien Rawat Inap dilaksanakan di Ruang Edelweis dengan jumlah TT 20.

Dalam mendekatkan diri kepada keluarga pasien jiwa, maka dibentuklah Paguyuban Waras-Wiris yang pada minggu ke 4 setiap bulannya diadakan pertemuan serta pemberian edukasi kepada pasien dan keluarganya.

Dan RSUD mendukung Progran Gubernur Jawa Tengah, yaitu Hospital Without Wall dengan membina Puskesmas-puskesmas untuk membuat jejaring.

Direktur berpesan kepada Tim dari RSUD Prembun, jika ingin membuka bangsal jiwa dokter Spesialis Jiwa yang dimiliki oleh RSUD Prembun Minimal 2 orang. Untuk bangsal umum pasien dapat diampu dokter biasa tetapi untuk pasien jiwa tidak dapat diampu oleh dokter umum karena untuk perlakuan pasien jiwa berbeda dengan pasien lainnya.

Studi banding ini ditutup dengan mengunjungi Klinik Jiwa serta Ruang Edelweis.