SURVEI AKREDITASI VERSI 2012 DI RSUD DR. TJITROWARDOJO PURWOREJO

Purworejo – Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan,Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala 3 (tiga) tahun sekali. Untuk pelaksanaan Survei Akreditasi, RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo telah dilaksanakan Survei Akreditasi pada tanggal 03 s/d 05 Desember 2015 setelah sebelumnya dilakukan survei simulasi akreditasi pada bulan Agustus 2015. Survei akreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan Tim yang diketuai oleh Bapak dr. Yanuar Hamid, Sp.PD, MARS sekaligus sebagai Surveior Medis dan anggota Ibu dr. Riyanti Pangesti, MHA sebagai surveior Manajemen serta Ibu Rohani Azis, S.Kep, M.Kes sebagai Surveior Keperawatan.

Akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses dimana suatu lembaga yang independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit. Tujuannya untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan. Standar akreditasi sifatnya berupa suatu persyaratan yang optimal meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi resiko bagi para pasien dan sfat rumah sakit. Dengan demikian akreditasi diperlukan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit yang sekaligus berperan sebagai sarana manajemen.

Akreditasi Rumah Sakit versi tahun 2012 ini berbeda dengan versi sebelumnya. Standar akeditasi ini selain sebagian besar mengacu pada sistem JCI, juga dilengkapi dengan muatan lokal berupa program prioritas nasional yang berupa program Milenium Development Goals(MDG’s) meliputi PONEK, HIV dan TB DOTS dan standar-standar yang berlaku di Kementerian Kesehatan RI.

Kegiatan pelaksanaan survei selama3  (tiga) hari meliputi : Perkenalan; Presentasi Direktur tentang Peningkatan Mutu, Keselamatan Pasien dan MDGs; Telaah Dokumen; Telaah Rekam edik Tertutup; Telusur pasien, Telaah Rekam Medik Terbuka; Telusur Libgkungan dan Periksa Fasilitas; Telusur KPS; Presentasi FMEA, Pedoman Praktik Klinis/Clinical Pathways, Risk Manajemen dan IKP (Insiden Keselamatan Pasien); Wawancara Pimpinan dan terakhir Exit Conference.

Bertempat di Aula RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, kegiatan survei akreditasi di tutup dengan exit conference dan kesan pesan yang disampaikan oleh Para Surveior serta penutupan. Kesan-pesan yang diperoleh selama kegiatan survei “Antusiasme dan semangat yang tinggi,  kesiapan pokja merevisi dokumen cepat”. Dr. Yanuar Hamid, Sp.PD, MARS mengatakan “ Berbeda dengan survey akreditasi versi lama, setelah dinyatakan lulus akreditasi setiap tahun akan dilakukan kegiatan survey verifikasi untuk melaksanakan program-program yang sudah direkomendasikan”.

Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo Drg. Gustanul Arifin, M.Kes dalam sambutannya mengatakan kegiatan akreditasi ini semata-mata sebagai “tool” untuk keselamatan pasien dan peningkatan mutu pelayanan rumah sakit agar RSUD Saras Husada dapat memberikan pelayanan yang profesional sebagaimana yang tertuang dalam Visi dan Misinya. Harapannya, semoga RSUD Dr. Tjitrowardojo lulus paripurna.

Selamat pagi                            : “Semangat Pagi’

RSUD Dr. Tjitrowardojo       : “Pancen Oke Pelayanannya”

Akreditasi Paripurna              : “Yes…Yes…Yes…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *